Ad Code

Responsive Advertisement

Bully dalam Perspektif Islam ... Apakah Termasuk Tanda Tanda Kiamat.. ???

 
Orang yang salah itu harus ingatkan, disadarkan bukan untuk dibuka aibnya di muka umum, coba bayangkan jika.. anda mempunyai suatu kesalahan kemudian di buka di tempat umum.. apa yg anda rasakan ,,, pastinya sedih... ya itu yang mereka rasakan disaat anda melakukan pembullyan seseorang , dan ingat doa yang paling di kabulkan adalah doa orang yang teraniaya
 
Abu Al-fida Ibnu al-Katsir dalam tafsir al-Qur’an al-Adzim menegaskan perbuatan ini dilarang Islam. Larangan ini merujuk pada ayat ke-11 Surah Al-Hujarat: Artinyaa: “ hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim”Q.S Al-Hujarat: 11 
 
Sadarkah kita kenapa bully itu sering terjadi disekitar kita. Seseorang yang dibully bisa saja memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh si tukang bully. 
 
Bullying pada dasarnya muncul dari hati yang penuh dengan unsur-unsur keburukan. Bullying sering kali dilakukan dengan cara mempermaikan aib atau kekurangan seseorang dihadapan publi. Aib tersebut dijadikan bahan olok-olokan sehingga memicu gelak tawa bagi para pendengarnya. Contohnya seperti yang biasa kita lihat dari para comedian, mereka saling mencela dan memanggil dengan gelar yang buruk. Padahal menghina mereka dengan memanggil dengan panggilan yang buruk sama saja dengan menghina ciptaan Allah. 
 
Bully adalah Ghibah
 
Saudaraku, Bully itu termasuk ghibah, ya mempermainkan aib orang lain. Bukankah Allah telah menyuruh kita untuk menutup aib sesama muslim? Karena Allah telah menjanjikan apabila kita menutupi aib saudara muslim kita, maka Allah akan menutupi aib kita di akhirat kelak. Saudara muslim sekalian, jagalah apa yang telah diberikan oleh Allah, termasuk lisan kita agar terhindar dari perbuatan tercela juga aniaya. 
 
Seperti dalam firman Allah dalam surat Al-Ahzab: 70-71 Artinya: hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar (Al-Ahzab: 70-71) 
 
Oleh karena itu, sudah sepatutnya setip muslim harus berusaha untuk saling menjaga satu sama lain baik dari kejahatan lisan dan tangannya. Perilaku ini adalah perilaku muslim sejati. jadi, teman-temanku sekalian dari 2 ayat yang saya bacakan tadi adalah salah satu ayat yang menyuruh kita untuk menjauhi prasangka, menggunjing dan mencar-cari keselahan orang lain. 
 
Dosa Orang yang Suka Mem-Bully
 
Baiklah saya ingin bertanya pada kalian anda. Apakah anda termasuk orang yang suka berprasangka, menggunjing dan mencari-cari kesalahan orang lain, apabila tidak Alhamdulillah, apabila iya maka anda diibaratkan seperti memakan daging orang yang sudah mati, apakah anda tidak jijik memakan daging orang mati? Tanyakan pada diri anda sendiri. 
 
Akhir kata jika anda termasuk orang yang pernah melakukan perbuat-perbuatan itu, maka segeralah bertaubat. tapi saya yakin diantara kita semua pasti pernah melakukannya, mungkin bahkan sering, bertaubatlah sebelum terlambat.
 
Oleh : M. Khoirul Amin ( Pakar SEO Polda Jawa Timur )
 
Sekilas : Alumnus Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin - Suci - Manyar - Gresik
                Alumnus Madrasah Aliyah - Pondok Pesantren Ihyaul Ulum - Gresik
                Alumnus Pondok Pesantren Diniyah Langitan  
 

SaveSave



from Kopidev News Feed http://ift.tt/2b9gSnl
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu